PERAWATAN KAOS

CV.BANDUNG ESA PERDANA Pada kali ini akan berbagi tips agar menjaga kaos koleksi anda tetap rapi dan bagus tidak kusut agar selalu nyaman ketika digunakan:

1. Jangan merendam kaos anda lebih dari 1-2 jam ketika akan mencucinya.  Usahakan untuk kaos yang baru pertama kali dicuci tidak direndam lebih dari 30 menit. selain itu, gunakan kaidah, bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, sehingga Jangan rendam dalam air dengan deterjen berlebihan. Karena deterjen berlebih dapat mengakibatkan sablon pada kaos cepat rusak / terkelupas.

2. usahakan dapat memilah kaos-kaos yang berbeda warna pada satu kali cucian. selain itu jangan campur kaos yang sangat kotor(misal berlumpur) dengan kaos yang tidak terlalu kotor.

3. Kaos berbahan cotton memiliki tekstur kain yang lembut. jangan sekali-kali menyikat kaos katun, karena dapat merusak tekstur kain. Hindari juga kucekan dan perasan yang  dapat mengonyak sablon, khususnya pada kaos selain warna putih dan abu.

4. Tahukah Anda bahwa sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan warna kaos dan sablon anda memudar. Untuk mencegahnya jemur kaos Anda dengan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar, dan bagian yang bersablon di dalam.

5. hindari hal-hal yang dapat membuat kaos anda melar.ada beberapa hal yang dapat anda lakukan. jangan memelintir (mengeringkan dengan tangan) ketika anda mengeringkan kaos anda setelah dicuci. selain itu, Hindari menggantung dengan hanger pada bagian leher kaos. Hal ini karena dapat mengakibatkan leher kaos lekas melar. Melarnya ini akibat tidak kuat menahan beban air yang ada pada kaos basah. Hindari juga menggantung kaos pada tali/kawat jemuran, karena kontur tali / kawat dapat dengan mudah merusak tekstur kain yang halus.

6. hindari bahan-bahan yang dapat mengakibatkan warna luntur, semisal cairan pemutih.

7. Agar kaos Anda awet, sebaiknya selalu setrika setelah dicuci-jemur. Pastikan menyetrika baju dalam keadaan kering. Dan untuk kaos berwarna selain putih, hindari menyetrika pada bagian sablon. yang tidak kalah pentingnya adalah menyesuaikan panas setrika dengan jenis kain kaos anda.

8. sesuaikan pengguanaan kaos anda. Agar kaos Anda awet hindari menggunakannya untuk tidur. Jika kaos bagus anda digunakan untuk tidur, kaos akan menjadi cepat kotor khususnya di bagian leher. Saat Anda tidur sadar atau tidak Anda berkeringat. Kombinasi keringat dan kotoran debu pada seprai akan membuat kaos Anda kotor. Selain itu juga pressure pada kaos akan membuatnya lekas melar. Sayang kan kalo kaos keren dipakai buat tidur? :)

CV.BANDUNG ESA PERDANA, sebagai pabrik konveksi yang sudah berpengalaman dan terkenal akan kualitasnya dalam dunia produk konveksi, sanggup dan siap menerima pesanan pembuatan kaos promosi demi kesuksesan acara customer kami. produk konveksi yang kami tawarkan sangat berkualitas, harganya terjangkau, dan hasilnya sesuai dengan permintaan customer. segera PESAN kaos promosi anda, hubungi kami sms/call 085721913267/ bandung.esaperdana@gmail.com

Posted in ARTIKEL KONVEKSI | Leave a comment

JENIS – JENIS KAIN

jenis-jenis bahan kaos T-shirt

Sebagai pusat pembuatan konveksi, kami menyediakan banyak variasi kain yang bisa kami olah menjadi produk konveksi berkualitas. Ada banyak kain yang tersedia di pasaran, namun akan kami uraikan bahan-bahan yang sangat banyak diminati oleh customer kami.

Kain-kain yang kami jelaskan di bawah ini, umumnya digunakan untuk kaos tipe T-shirt (kaos oblong), Untuk kaos tipe polo shirt/ Berkerah biasanya digunakan kain rajutan cotton pique / lacoste. . Sedangkan untuk jenis jaket (jaket, jumper, cardigan, ataupun hoodie) biasanya digunakan bahan fleece. Jika anda mengutamakan kenyamanan ketika pemakaian utamakan memilih bahan yang asli 100% katun.

1. KATUN (combed 20s, 24s, 30s)

Bahan katun combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapih. Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran. Hal ini dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasinya (gr/m2). Kami menyediakan 3 varian combed, Ada combed 20s, 24s, 30s. hal yang membedakan adalah ketebalan kain combed. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis. Kain Combed 20s merupakan kain yang paling banyak dipakai dan menjadi favorit kaos distro karena selain kenyamanan ketika digunakan, harganya juga tidak mahal.

combed bahan kaos

2. CARDET (20s, 30s)

Dibandingkan dengan kain combed , kain cotton cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga.

bahan cardet untuk T-shirt

3. POLYESTER dan PE

Polyester sesuai namanya, merupakan bahan serat sintetis  yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga sangat panas ketika dipakai.

PE /polyster untuk kaos harga miring

4. TC (TETERON COTTON)

seiring dengan kemajuan teknologi, terpengaruh juga teknologi pengolahan bahan kain. Banyak bahan kain hasil dari penggabungan katun dan Polyester, salah satunya adalah TC. Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.

bahan TC

5. VISCOSE

Viscose biasa juga disebut rayon. Sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan  pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

6. CVC ( COTTON VISCOSE)

Jenis bahankaos  ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

7. HYGET

Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai

kaos hyget cocok untuk partai

Posted in ARTIKEL KONVEKSI | Leave a comment

JENIS-JENIS SABLON

Masih banyak sekali orang awam yang tidak paham tentang tipe dan jenis sablon yang biasa digunakan dalam proses pembuatan kaos. Sablon kaos bermacam-macam biasanya pemakaiannya tergantung dari design yang akan dibuat, bahan kain, warna yang akan ditimbulkan dan juga efek yang ingin diperlihatkan pada kaos yang akan dibuat. Berikut ini beberapa cara pensablonan yang biasa kami lakukan pada produk konveksi kami:

1. SABLON MANUAL

a.       Plastisol

Cat ini menggunakan bahan dasar minyak. Mempunyai beberapa kelebihan diantaranya dapat mencetak dot/raster dengan presisi yang tinggi, minim limbah dan sangat irit dalam penggunaan bahannya. Tinta ini tergolong sangat fleksibel untuk digunakan karena kita bisa mempertahankan bentuknya saat kering (proses ini biasa disebut teknik sablon high density). Selain itu, tinta ini juga tidak mudah rusak meski dicuci berkali-kali, warna yang dihasilkan sangat kaya. Namun, penggunaan sablon model ini, memerlukan biaya lebih selain karena proses pengeringannya memerlukan bantuan sinar inframerah, tintanya pun juga mahal.

b.       Tinta Karet / Rubber / GL / Pasta Karet

Jenis sablon inilah yang paling lazim digunakan karena fleksibilitasnya yang dapat mensablon pada warna dasar gelap maupun terang dengan sama bagusnya. Hal ini dikarenakan sifatnya dapat menutupi bahan dasar kain. Biasanya dibutuhkan komposisi yang tepat jika digunakan mensablon pada kain yang melar agar dapat memenuhi kelenturan kain dan menjamin ketahanan sablon tersebut. Tinta ini jenis tinta textile berbasis air/waterbase. Selain cocok untuk semua warna, tinta ini juga cocok digunakan untuk hampir semua bahan katun atau semi polyester. Namun untuk bahan semi polyester yang cukup tinggi ada kemungkinan tinta karetnya tidak akan merekat dengan sempurna, sehingga diperlukan racikan yang presisi agar hasilnya maksimal.

Adakalanya kita perlu menambahkan binder yang berfungsi untuk menambah daya ikat tinta karet untuk membuat sablon tidak mudah luntur bila di cuci. Namun penambahan ini harus pada dosis yang tepat supaya tidak terlalu lengket. Perbandingan yang tepat adala 9:1. Yaitu untuk 1000gram tinta maka kita gunakan 900 gram tinta karet dan 100 gram pigmen warna. Setelah itu tidak lupa kami lakukam proses curing (pengepresan) dan dying.

c.       Rubber transparent

Tinta jenis ini, kadang-kadang kurang dimengerti oleh para pelaku sablon yang masih newbie. Sesuai namanya, tinta jenis ini menghasilkan sablonan yang tembus pandang, transparent dengan kualitas yang lebih dapat diandalkan ketimbang tinta pigmen, sehingga tinta ini sangat cocok untuk sablon raster, dan keunggulannya dibandingkan tinta karet biasa yaitu dapat menghasilkan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan tinta karet biasa. Namun karena sifatnya yang transparent, maka tinta jenis ini tidak dapat digunakan diatas bahan kain yang berwarna gelap.

d.       Pigmen /medium/ extender

Sablon ini mempunyai kemampuan diserap oleh kain yang berwarna terang (agak transparent), oleh karena itu lazimnya sablon pigmen digunakan pada kain yang berwarna dasar terang. Selain itu, tinta jenis ini hanya membutuhkan sedikit bibit warna agar dihasilkan warna yang ingin dibuat. Tinta jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan kaos yang berbiaya murah, karena harga tinta ini relative lebih murah, hal yang wajar karena hasilnya juga tidak sebagus GL trasnparant.

e.       Super white

Sesuai namanya, tinta ini sangat baik jika digunakan pada kain yang berwarna dasar gelap karena mampu menghasilkan warna putih yang cemerlang dan mempunyai daya tutup yang baik pada kaos. Kita dapat menambahkan pigmen warna agar tampak menarik namun sayangnya tidak berlaku bagi warna gelap.

f.       Reflektif

Sesuai namanya (reflek/pantulan) maka kaos ini akan menyala jika kaos disinari oleh sumber cahaya. Biasa digunakan pada life jaket atapun rompi polisi.

g.      Glow in the dark

Sablon yang menyala ketika digunakan di tempat yang kurang cahaya. Campurannya mengandung serbuk fosfor dan medium sehingga dapat membuat nyala di kegelapan. Kita dapat menggunakan pasta yang berkarakteristik transparent sebagai mediumnya. Agar lebih mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menyablon tinta ini diatas kain yang berwarna dasar terang agar nyalanya lebih mantab. Anda juga bisa mencampur pigmen warna lain asal yang berjenis florescence agar terlihat lebih funky.

h.      Flocking

Teknik pensablonan yang ketika sudah jadi akan berbentuk seperti beludru

i.        Discharge

Sesuai namanya, cat ini dapat menipiskan bahkan menghilangkan warna dasar kaos kemudian mengisinya dengan warna baru sesuai cat yang digunakan. Namun perlu anda ketahui tidak semua kain kaos dapat menggunakan tinta jenis ini(biasanya bisa hanya pada katun).  Selain itu, perlu ada mesin hot/heatpress untuk melakukan proses curingnya.

j.        cat timbul

sablon tipe ini, membuat cat sablon ketika sudah kering timbul seperti peta timbul. Ada 2 jenis cat timbul. Warna blok biasanya digunakan untuk mendesign vector, lalu process color untuk tipe raster.

k.       Sablon Glitter

Tipe ini memadukan partikel-partikel (bukan tinta) sebuk ada yang halus dan kasar. Makin renggang, cocok digunakan untuk jenis screen yang digunakan. Partikel-partikel ini memiliki jenis warna dan efek yang berbeda-beda dan dapat dibuat untuk mensablon kaos dengan perekat yang pas untuk setiap bahan kaos. Uniknya, perekat yang anda inginkan dapat anda print dahulu, baru setelah itu anda taburkan gliters diatasnya. Cara lainnya adalah anda campurkan gliters bersama lem khususnya lalu langsung sablon menggunakan screen mesh. Ada 3 efek yang dapat anda ciptakan yaitu efek metalik, efek rainbow, efek hologram. Oleh karena itu, penggunaan gilters dapat menghasilkan efek yang unik.

l.        Sablon Foil

Tipe sablonan ini menggunakan kertas foil.

m.    Puff/ Poaming

Untuk menggunakan tinta ini, perlu diatur dengan proses curing agar tinta mengembang sesuai harapan kita. Kita dapat memperkuat laju pengembangannya dengan menuangkan pasta karet kedalamnya. Oleh karena itu kita harus ahli dalam proses curing dan juga derajat kepanasan yang dibutuhkan.

Untuk menghasilkan warna yang lebih gelap, anda dapat membuatnya dengan cara melakukan varnishing atau sablon kembali dengan tinta GL transparent yang telah diberi sesuai tinta puff yang ingin kita buat. Setelah itu baru kita lanjutkan proses curingnya.

n.      Tinta aspal

Jika anda ingin menghasilkan efek yang hitam seperti aspalt, maka dapat anda gunakan tinta aspalt untuk sablon. Tinta ini dapat menghasilkan kerutan yang cukuo unik dan abstrak.

2. SABLON PRESS / TRANSFER PAPER

Sablon transferpaper adalah sistem sablon dengan media kertas tinta transfer sublime ke bahan bersifat ada polyster dengan pemanas (heatprees) dengan media kertas koran, kertas hvs, dan kertas khusus sublime dengan kualitas hasil 99% sama warnanya dan hasil gambar biasanya untuk sablon sublime untuk kepentingan produksi masal akan lebih murah cost-nya dibandingkan sistem sablon manual akan tetapi akan menjadi sama mahalnya dengan sablon manual apabila jumlahnya sedikit tetapi secara waktu pengerjaan sangat mudah dan simple dan pastinya cepat

Biasanya Sablon transfer paper digunakan untuk berbagai media dalam bisnis pelayanan perusahaan yang membutuhkan atribut dan souvenir seperti kaos oblong promosi ,kaos pilkada, kaos partai, kaos caleg, atribut pemilu, mug promosi perusahaan, cinderamata, sablon payung promosi, sablon mug, gelas promosi, serta untuk kebutuhan yang mendadak sifatnya misalnya membutuhkan kaos dalam jumlah sedikit dalam waktu kilat selesai pemesanan dan berbagai media yang bisa di aplikasikan untuk pelayanan bisnis cepat berbicara transfer paper adalah layanan bisnis CV.BANDUNG ESA PERDANA yang utama dikarenakan kecepatan produksi biaya murah dan harga kaos bisa murah serta bisa dikejar waktu yang cepat.

Dalam pelayanan ini CV.BANDUNG ESA PERDANA selalu memberikan pemaparan terlebih dahulu kepada klien kami seperti informasi bahwa jenis media kaos yang bisa di transfer paper hanya untuk bahan kaos berjenis polyster dan berwarna mudah idealnya warna putih untuk media yang akan di sablon transfer paper sering kejadian banyak klien kami yang salah kaprah dikarenakan kekurangan informasi tentang sablon transferpaper bahwa sablon transfer paper hanya pat menghasilkan warna maksimal hanya pada warna muda dan bahan berjenis polyster bukan pada bahan catoon dalam hal ini tujuan kami adalah memberikan informasi bahwa keuntungan sablon transfer bisa menjadi informasi kepada kllien pelanggan kami agar dapat memposisikan apabila ada pekerjaan besar banyak atau sedikit kami mampu melayani seluruh order klien kami dari konveksi kaos bandung, kaos oblong, kaos partai, kaos pilkada, kaos caleg, kaos cinderamata, kaos promosi, kaos murah, kaos murah di bandung,kaos promosi, kaos event,dengan jumlah sedikit kami dapat melayani bisa model  kaos oblong, Kos partai / pilkada / kampanye. kaos berkerah, wangky, poloshirt , dengan bahan hyget, PE single, PE doble, TC, CVC dengan syarat warna bahan terang /putih.

 

Posted in ARTIKEL KONVEKSI | Leave a comment